Resep Tumis Cuciwis, Menu Sayuran Baru yang Praktis dan Lezat

Simpan ke bagian favorit

Sajikan tumis cuciwis sebagai salah satu menu baru dalam daftar sayuran minggu ini. Sedap dinikmati sebagai tumis sayur sekaligus lauk. Yuk, coba resep yang mudah ini!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Januari 14, 2020

Sebelum mencoba resep tumis cuciwis, sebagian dari kamu mungkin belum familiar dengan nama sayuran ini. Sering juga disebut kol mini karena sejatinya memang berasal dari sayuran kol. Sayuran hijau ini didapat dari batang kol yang memang sengaja dipangkas supaya kol bisa berkembang dengan sempurna.

Keistimewaaan cuciwis dan olahannya

Cuciwis biasanya dikemas dengan ukuran kecil. Karena teksturnya renyah, biasanya cuciwis diolah dengan cara ditumis supaya agar kriuk-nya tetap terjaga. Potong bagian pangkalnya, buang bagian daun yang tidak segar atau rusak karena ulat, cuci bersih, lalu daun cuciwis dapat segera dimasak.

Kalau biasanya sayuran hijau dari kol ini dimasak dengan cara ditumis bumbu bawang putih, kali ini daging ayam dan jamur jadi pendampingnya. Kalau ingin variasi lain, bahan protein lain kamu bisa menggunakan daging sapi has dalam, udang, cumi, atau ikan. Resep ini juga bisa divariasikan dengan beragam jenis jamur seperti jamur shimeji, jamur shiitake, jamur tiram, atau jamur kancing.

Sayuran yang juga disebut Brussels sprout-nya Indonesia ini punya kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil, kalsium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan serat. Selain ditumis dengan resep ini, kamu juga bisa menyertakannya ke dalam hidangan lain. Misalnya saja seperti cap cay, cah ayam kembang kol, ifu mi, atau sup ayam sayuran.

 

Resep mudah pendampingnya

Namanya tumis sayuran, biasanya kita menginginkan resep-resep pendampingnya juga tak kalah simpelnya. Kali ini aku coba usulkan beberapa sajian yang bisa kamu buat malam ini!

1. Nasi goreng gila

Disebut seperti ini karena banyak sekali topping yang biasanya ditambahkan dari nasi goreng biasanya. Bahkan di beberapa tempat aku lihat ada saja yang menambahkan juga mie untuk digoreng bersama nasinya! Tapi yang jelas ada beberapa pilihan sayur, daging – bisa ayam maupun sosis atau bakso, hingga untuk resep kali ini ada kol ungu. Jadikan sajian ini semakin berwarna dan berimbang karena nutrisi dari bahan-bahan tambahannya.

Resep lengkap nasi goreng gila.

2. Sayap ayam pedas manis

Demam menikmati sayap ayam tidak pernah berakhir. Setelah kita mengetahui nikmatnya sayap ayam gaya Barat, Indonesia juga diperkenalkan dengan resep sayap ayam khas Korea yang begitu unik. Tapi jangan salah, kita juga punya resep sayap ayam sendiri yang tak kalah lezatnya. Yuk, segera dicoba versi pedas manisnya!

Resep lengkap sayap ayam pedas manis.

3. Rabeg daging sapi

Belum familiar mendengar hidangan yang satu ini? Tidak mengapa, karena sajian ini datangnya dari Banten. Meskipun dekat dengan Jakarta, kekayaan kuliner negeri ini belum banyak dikenal dan sudah selayaknya kita mencari tahu lebih jauh. Konon dahulunya rabeg terinspirasi dari hidangan Timur Tengah dan sultan Banten kepincut dibuatnya. Maka sepulangnya, dibuatlah versi lokalnya yang melegenda hingga sekarang.

Resep lengkap rabeg daging sapi.

Seru, ya, ternyata banyak resep pendamping tumis sayuran sehat yang kamu buat hari ini. Tidak sulit untuk diolah dan mudah ditemukan bahan-bahannya. Pastikan untuk memasak yang istimewa untuk keluargamu!

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g cuciwis, buang bagian kerasnya
  • 150 g daging ayam cincang
  • 100 g jamur enoki
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1 buah cabai rawit merah, iris
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah
besar hingga harum.

2

Masukkan ayam dan jamur, masak hingga ayam berubah warna. Masukkan cuciwis dan air. Aduk rata.

3

Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan Royco Kaldu Ayam.

4

Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

Begitu mudah dan menyenangkan. Saatnya kamu mencoba jenis sayur baru yang tengah naik daun ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.